Hal berikut mungkin atau kadang terlupakan untuk diinformasikan dalam dunia panahan

Hal berikut mungkin atau kadang terlupakan untuk diinformasikan dalam dunia panahan

Hal berikut mungkin atau kadang terlupakan untuk diinformasikan dalam dunia panahan

Hal berikut mungkin atau kadang terlupakan untuk diinformasikan dalam dunia panahan

Hal berikut mungkin atau kadang terlupakan untuk diinformasikan dalam dunia panahan
  • Jl. Pahlawan No.19, Rempoa, Kota Tangerang Selatan

Hindari Lakukan Ini Saat Panahan

Sebagai archer pemula aka nubi, hari pertama di arena sangatlah menyenangkan, banyak hal baru yang kamu lihat dan pelajari. Saking serunya kadang hal-hal berikut tidak diperhatikan dan lupa disebutkan oleh pelatih atau dianggap remeh oleh kita. Karena kita juga manusia, punya rasa punya hati, jangan samakan dengan pisau belati. Yuk simak beberapa hal-hal yang mungkin mengganggu dan membahayakan berikut ini :

1. DRY FIRE
Tindakan ini kadang dilakukan oleh archer pemula/wannabe, dan lebih sering lagi ke orang yang sok kuat(begaya) narik arrow tapi gak punya pemahaman dalam menangani peralatan panahan maupun panahan itu sendiri. Dry fire adalah menembakkan busur tanpa arrow dan sangatlah berbahaya dilakukan karena energi potensial yang dihasilkan oleh limbs tidak tersalurkan menjadi energi kinetik(yang disalurkan ke arrow). Selain menghasilkan suara yang cetar membahana, bisa berakibat keretakan pada limbs, bisa juga patah, yang lebih parah lagi patah/pecah dan melukai si pemanah. Ditambah lagi bukan bow miliknya, alias minjem.

2. BERI JARAK & JANGAN MENGGANGGU
Digaris tembak(shooting line) kadang Anda tidak sendiri. Ada pemanah lain didepan dan belakang kamu. Beri jarak yang cukup antara Anda dan mereka, Jangan mengayunkan bow & arrow sembarangan, apabila hal itu dilakukan dalam pertandingan dan pemanah lain merasa terganggu, mereka bisa mengajukan keluhan ke judge/panitia. Dan siap-siap saja Anda bisa saja kena peringatan atau didiskualifikasikan.

3. MENGABAIKAN PERINGATAN
Untuk para archer jangan pernah abaikan yang satu ini, mengabaikan bisa berakibat fatal. Peringatan yang diberikan dalam bentuk garis pembatas, bunyi peluit, aba-aba dan sebagainya perlu diperhatikan dengan baik. Misalnya belum ada aba-aba aman untuk menembak, karena bisa saja masih ada orang di zona tembak. Atau apabila ada aba-aba seperti CLEAR yang berarti boleh masuk ke zona tembak untuk mengambil arrow, maka semua pemanah harus berhenti memanah.

4. BETAH DI TARGET
Tidak ada salahnya untuk mencatat/mendiskusikan hasil tembakan dengan pelatih/teman/sesama archer untuk memperbaiki teknik di depan target. Tapi perlu diingat apakah ada orang lain yang ingin menembak diarena itu? Apakah itu suatu perlombaan? Jangan berlama-lama mencatat hasil/mendiskusikan hasil tembakanmu ditarget ya.

5. TANPA WARM UP
Sama seperti motor atau mobil, sebelum digunakan terlebih dahulu dipanaskan. Nah para archer juga harus melakukan yang sama, hanya beberapa menit aja untuk meregangkan otot-otot agar tidak cidera dan dapat berfungsi maksimal seperti yang Anda harapkan.

6. TIDAK TERUKUR
Apa saja yang kadang tidak terukur oleh archer pemula? Ukuran, bisa memiliki banyak maksud. Ukuran disini diantaranya... jarak. Mulai lah latihan dengan jarak yang aman dan masih dapat dikontrol hasilnya oleh pemanah jangan terburu-buru.
Draw weight busur, untuk yang masih mencari atau melatih postur/form menembak gunakan busur dengan lbs rendah, lbs rendah itu berapa sih? Beda archer beda kemampuan. Cara ukurnya gampang, full draw busurnya, tahan 10 detik. Kalau kamu perlu banyak usaha untuk mempertahankan busurnya, apalagi sampai lelah atau bahkan tremor(getar) berarti lbs itu terlalu tinggi untuk mu saat ini(mungkin juga kelelahan).
Latihan dari pagi sampai sore... seru banget deh kalo bareng sama teman archer lainnya. Sama dengan aktifitas hidup lainnya, otot kamu perlu istirahat. Jangan diporsir berlebihan sampai memaksakan otot. Resiko cidera akan berakibat kamu gak bisa panahan lagi dalam waktu cukup lama atau selamanya.
Disisi lain mengenai waktu, hal-hal diatas tidak semua orang bisa akselerasi. Jadi nikmati perkembanganmu memanah, lihat setiap detil yang dipelajari dan dialami, berbagi ilmu, dan have fun. Enjoy the process, only time will tell, and we'll see you on podium. (aac/jay)